Jumat, 23 Januari 2009

masih adakah "kemurnian" itu

pagi ini hari kamis, tepat ku karena kampung jadi pasaran cuma 2 hari...kamis ama minggu,. jadi klo nyari sayur yg fress ya hari itu tok. maklum sodara kampungku masih pedalaman
sekilas aja kita dari jalan raya "lintas Sumatra" aja ada 30 KM. dari pusat kota Baturaja"40 Km". bayangin aja gempor tu kaki klo jalan...
"kiri"pak amir tukang parkir nyemprit aku"gila sampei telingan berdengaing" semangat banget niup itu sempritan. mungkin td sarapan pake nasi uduk.
"Mak,aku piye" tanya ku ke mamak. mamak jawab" kamu belanja ikutin mamak aja" glekkks, segede gini masa harus ngintil di blakang sodara" pembaca budiman, bayangkan di pasar yang dekat ama rumah trus ga mungking orang pasti paham tentang aku"masih ngintil"tapi, gak apalah dari pada aku pusing nawar, namanya juga pasar tradisional.
setelah hampir 1 jam "ngintil" duh betisku mulai teriak-teriak"dasar kaki manja"jalan gitu aja ngedumel....gimana tidak, selain betis udah pegel, blanjaan udah penuh, tapi mamak masih tawar ini-tawar itu...
emang gitu ya pembaca ibu rumah tangga, selisih 2 ribu aja ganti tempat.tapi, karena aku "anak Sholihah" manut aja.
ternyata kaki ku wes ga kuat, ada ide nich"Mak,masih lama" aku tanya mamak" masih lah" aku tunggu di motor aja ya"
jawab mamak" yo wes,.....aku masih milih ayam, ga da yg gemuk"
batinku" yang gemuk yg jualan mak" dasar anak durhaka.
dengan semangat 45 kuayunkan kaki menuju tempat parkir motor

setelah sekian waktu aku tunggu mamak diatas motor, kok ga muncul-muncul" beli ayam gimana" mulai ngrutuk" bete nunggu'
ah dari pada bete manyun nunggu aku hampiri pak asep"papa iwan" teman sekampung yang kuliah di Bandung
"gimana kabar iwan pak" tanyaku
"Iwan ga pulang" jawab pak asep
"Yudi, Gita, dan yanti ketrima ga CPNS OKU kemarin"
"Belum pak, udah pada balik bandung dan jogaja"
"Ya gimana, sekarang klo gak punya paman BUpati ato Duit "Sekarung" mana bisa tembus PNS"
"Alhmd kemarin aku galo pak, ya cuma butuh dana u wira-wiri aja" tangkas ku
dlam pikiran ku, apa karena babe gue cicit tuan takur ya...so Image "duit sekarung" ga maslah
jujur aja. emang aku alhamdulilah lalui semua dengan kemampuan otak. ijazas. dah g ada 100% unsur ketebece apalagi "duit sekarung"
tapi apa mau di bilang"image orang" mau di apa

dalam pikirku" jujur salah"
apa memang di Negeri ini" Kemurnian" mulai langka ya

akhirnya mamak muncul juga, setelah agak bersitegang ama papah iwan.... "pak saya duluan" potong pembicaraa" oya, silahkan" ati-ati, jangan lupa syukuran" ngels ni..." Insya Allah"

Tidak ada komentar: