Kamis, 29 Januari 2009

Simpang Trans “Gerbang Harapan”

Gerbang menuju Batumarta memang tidak hanya melalui simpang trans. Sebenarnya banyak jalan menuju roma. Seperti pepatah aja.

sekilas gambaran tentang gerbang Batumarta yang dianggap sebagai ”Gerbang Miniatur kehidupan” dari berbagai cultur yang akhinya beranak-pinak di disini.tapi lebih tepat mungkin terminal mini yang gak legal tapi dibutuhkan oleh masyarakat Batumarta

Bp. Tonggo adalah sosok perawakan tinggi keturunan batak mengalir sehingga kehidupan siang malam pak tonggo lalui di simpang trans membantu orang yang ingin pulang ke tanah jawa atao tujuan manapun. Pak Tonggo pasti akan mencarikan bus yang benar-benar ada kursinya.

Tanggung jawab beliau cukup di kenal oleh para transmigran/pemudik ketika membutuhkan jasa pencegatan bus AKDP. Belum lagi di tempat loket beliau juga di sediakan balai-balai untuk istirahat bila sampai waktunya kami tidak mendapi bus yang mau membawa ke tujuan kami.

Pernah saat itu kepulanganku dari kota solo tepat pk.22.30 dan tidak ada sanak keluarga yang menjemputku. Boro-boro mau kasih kabar lewat telp, listrik aja saat itu belum masuk di desa kami. Lampu minyak adalah penerang dikala sang malam memeluk Batumarta dengan segala rengkuhan hati.

Otomatis aku nginap disana sambil menunggu pagi untuk mencari ankudes menuju unit 6. Simpang trans lebih tepat secara letak antara Martapura dan Baturaja sekitar 15 KM.

Batumarta sebenarnya nama desa yang terbagi menjadi 16 unit. Dan 1 unit terdiri dari blok (pake adjab blok A,B,C....etc). karena pemekaran kabupaten OKU pecah menjadi 3 Kabupaten Otomatis Batumarta juga terkondisikan secara geografis ikutan di pisah lagi.

Batumarta I-IV masuk kabupaten Oku Induk, Batumarta V-X masuk Oku timur, Batumarta XI- XIV ada masuk Oku Induk dan peninjauan. Maklum aku juga ga hapal

Tapi hapal banget Batumarta VI kampung gue...ini ada 13 Dusun dengan 11 blok, dan bisa bilang desa paling sedikit blok ato wilayahnya.

2 komentar:

hadi mengatakan...

jadi pengen pulang. kapan ya kira-kira bisa pulang! kangen.... rasanya. kalo pulang dari baturaja suka lewat unit I,II & XI kalo unit VI kelewat gak ya kalo mau ke Unit XIII.

Unknown mengatakan...

batumarta 2,baturaja.tunggu aku...aku pasti kembali...:)